Khutbah Jumat Hari Ini: Puasa Menghapus Dosa

Bismillah

Salah satu syarat untuk mencapai ketenangan hidup adalah memperoleh pasangan hidup. Walau harta banyak, uang berlimpah, mobil mewah, rumah besar, namun bila pasangan tidak kunjung datang maka akan ada rasa yang kurang. Demikian pula, Allah sudah Gariskan bahwa manusia hidup berpasang-pasangan, lelaki dan perempuan. Pada awalnya terciptalah Adam. Hawa waktu itu belon ada.

Allah : Dam, sepi ya Dam?
Adam: Ya iyalah Bos..

Jebreng! Allah Bikin Hawa..

Adam: Cit cuitt... Siapa tuh?
Allah: Hush! Maen sosor aja ente. Kudu bayar mahar dulu, baru boleh pegang2..
Ad : Maharnya paan?
A : Ente harus bersholawat ke Muhammad, RasulKu..
Ad : Hla, pegimana ceritanya? Kan ane duluan yang dibrojolin? Masak ane suruh ngedoain yang belon lahir?
A : Udah ente jangan banyak cingcong.. Muhammad udah ada dalem rencana ane, walau secara jasad ente duluan ada. Lu mau kagak nih kimpoi bareng Hawa? Kelamaan entar ane tarik lagi nih..

Singkat cerita Adam pun akhirnya kimpoi sama Hawa. Allah jadi wali, malaikat jadi saksi. Lengkap sudah kehidupan di surga. Makan minum gratis. Mau maen playstation 3 pun tinggal minta.

Cuma satu larangan Allah sama Adam.

A : Dam, ente jangan berani2 ngedeketin ini po'on.. Ini po'on bukan sembarang po'on, ini po'on terlarang Dam.. Oke ya Dam?

Tapi larangan itu nggak dikasih tahu ke Hawa. Setan pertama-tama mulai meracuni Adam.

Setan: Euy Dam, ente tahu nggak napa Allah ngelarang ente ngedeketin nih po'on? Ini po'on namanya po'on Khuldi, ntu artinya kebal, abadi. Ngerti kagak lu Dam? Jadi kalo ente makan ni buah ente bakal idup di sorga ampe lama. Asik kagak tuh? Ente itu laki Dam! Laki kudu minum Ekstra Joss! Eh, maksud ane, makan buah khuldi!
Adam : Apaan lu? Minggir!!

Godaan setan nggak ngefek ke Adam. Yang namanya setan, emang mau nyerah gitu aja? Terus dia mulai deketin bininya si Adam.

Setan : Eh, Wa.. Elu tahu nggak nih po'on.. Di sorga, cuma po'on ini yang elu nggak pernah icip pan? Noh, ambil atu.. Segerrrrr.. Sumpah demi Allah! *yang namanya setan semua cara bakal dijabanin, termasuk bawa2 nama Allah*

Hawa, yang penasaran, karena emang nggak tahu larangan Allah, akhirnya nyobain. Nggak tanggung2, dua buah langsung diembat sama doski. Allah kalem. Ya kan Allah nggak ngelarang Hawa..

H : Eh, sumpe loh seger bangettttss...

Hawa pun mengajak Adam menyicipi buah khuldi. Yang namanya laki, diajakin sama bini, campur nggak enak rasa kalo nolak, akhirnya tergiur juga. Belum itu buah masuk ke kerongkongan, langit menggelegar.

Jeder!! Allah Muntab.

A : Ente berdua masuk orang2 yang zolim!! Keluar dari sorga!!! *Tendang*

Kesian si Bang Adam dan Mpok Hawa. Akhirnya, melepaskan segala nikmat di sorga, hanya berbekal daun dari sorga cukup buat nutupin aurat. Udah gitu, di bumi pake kagak ketemu lagi. Bumi jaman dulu luas kali ya? (sekarang masih ding..) Adam dan Hawa terpisah jauh. Karena Allah nggak ngebekalin BB yang ada GPSnya, akhirnya sampe bertahun-tahun baru bisa kimpoi lagi. Selama beratus-ratus tahun, Adam taubat kepada Allah, minta ampun.

Malaikat : Ya Rabb, kesian noh.. Sujud beratus-ratus taon, masak kagak didenger?
Allah: Guwa Denger, guwa kan Maha Ngedenger. Oke boy, gua terima tobat ente. Tapi ada syaratnya. Ente kudu puasa 30 hari 30 malem.

Alangkah kasihannya Bang Adam, udah bertaon-taon tobat, eh sekali diterima pake acara laper2an pulak. Akhirnya itu perintah puasa pertama Allah kepada manusia.

Tujuan puasa adalah untuk menghapus dosa-dosa kita, dan di akhir acara, mengubah kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Jangan sampai, badan sehat, jiwa sehat, masih berakal, muslim, tapi nggak puasa. Udah gitu pake pamer2an segala makan di warung siang2, ngerokok, apa nongkrong di cafe.

Demikian.

PS: mohon maaf untuk redaksional yang acak2an. Emang khatibnya tadi ngebawainnya kocak kok.

2 komentar:

  1. khatibnya siapa Wok...?, Seno Gumira ya..?, ehehe....

    BalasHapus
  2. Hahahaha.. Bukan Mas, orang Betawi. Asik pokoknya.. :D

    BalasHapus

speak now or forever hold your peace

About Me