Khutbah Jumat Hari Ini

Bismillah

Jika kita perhatikan, semua amalan memiliki alasan, mengapa hingga diperintahkan. Alasan dibalik turunnya sebuah perintah Tuhan biasanya juga merupakan sebuah motivasi, sehingga kita juga bersemangat dalam pengerjaannya. Sholat, mengapa harus lima kali sehari? Sedekah, zakat, berhaji, dan sebagainya. Sebentar lagi kita didatangi bulan Ramadhan. Selayaknya orang yang akan kedatangan tamu, kita mesti bersiap. Berbenah diri.

Puasa adalah salah satu amalan yang spesial. Dikatakan spesial karena ianya adalah salah satu rukun Islam yang paling ikhlas. Kita lihat syahadat, minimal ada pengucapan / lisan. Terlihat. Sholat, juga terlihat. Kalau kita ke masjid, tetangga kanan kiri kita tahu. Zakat juga, minimal yang tahu adalah yang menerima zakat. Apalagi haji, kalau mau berangkat kita mesti kabarin orang satu kampung. Lihat bagaimana amalan-amalan tersebut bisa berpotensi membuat kita riya'.

Tapi puasa berbeda. Puasa adalah amalan yang tersembunyi. Kalau kita tidak bilang sedang puasa, teman satu meja di kantor, bahkan keluarga di rumah, bisa saja tidak tahu kita sedang puasa. Semoga kita bisa ikhlas berpuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me