Tentang Kecukupan

Bismillah

Jika terjebak macet dalam bis di Tangerang, cobalah sesekali melihat keluar jendela. Akan kita temukan, dalam beberapa puluh hasta sekali, terpancang di tepi jalan, 99 nama-nama Tuhan yang baik. Saat pusing memikirkan cicilan panci dan taperwer, saya berhenti pada sebuah nama Tuhan yang bagus, Al Muqiit, yang artinya, setidaknya menurut "rambu asma'ul husna" tersebut, adalah "Yang Maha Memberi Kecukupan".

Uang kita mungkin tak akan cukup untuk gonta-ganti hape baru, tapi akan tersedia kalau buat lahiran bini. Tidak akan cukup untuk beli velg racing buat motor, sepatu mentereng, atau kacamata hitam mahal, tapi selalu cukup untuk sekadar jalan-jalan sama anak istri ke taman, berbekal roti lapis buatan sendiri dan tikar merek Swan. Intinya tentang merasa cukup.

Jadi kalau kita merasa hidup tak pernah ada cukup-cukupnya, mungkin bukan karena duit kita kurang banyak, kerja kita kurang keras, atau tidur kita kurang larut. Tapi karena kita lupa bersyukur, lupa mengulang doa saat sujud, kurang kenceng dhuha dan sholat malamnya. Kalau sedekah pun ala kadarnya, kalau perlu pake gopekan. Kita kurang sering melihat orang sepuh jualan di pasar atau kuli panggul yang harus berhitam-panas di bawah teriknya surya. Lisan mungkin kurang sering berdzikir, padahal berapa lampu merah kita lewati setiap hari?

Kita ini sudah diberi sate seribu tusuk, tapi pas dimakan keluar lagi lewat lubang di punggung. Jadi nikmatnya makan itu bukan dari jumlah bin kuantitasnya, tapi saat dimasukkan mulut tak lupa menyebut asma-Nya, saat di lidah dikecap dan dikunyah lamat lamat, saat di usus diserap jadi energi, saat dikeluarkan mak brot lancar sambil merem melek.

Saat Rasul ditawari dunia, menolaklah beliau bukan karena tak butuh, tapi karena ingin menjadi pribadi bersyukur. Apakah kita sudah meneladani beliau sebagai insan bahagia, yaitu manusia yang tahu persis darimana asalnya, ke mana akan dipulangkan, dan untuk apa berada di dunia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me