Review Logitech M590 Silent Wireless Mouse

Bismillah

Mencari pengganti mouse X7-XL747H (gaming mouse), saya akhirnya memilih Logitech M590 Silent Wireless Mouse. Beberapa kriteria dalam mencari mouse antara lain :

  • Harga relatif terjangkau. Rata-rata gaming mouse memang harganya relatif mahal. Gamer memang lebih butuh presisi, oleh karena itu kebanyakannya pake kabel (bukan wireless). Tapi kan kita cuma buat coding aja.. 
  • Bluetooth / wireless. Sudah pusing dengan kabel yang berseliweran. Pengennya pakai bluetooth saja. Pada kenyataannya, alat perang tidak mendukung untuk teknologi Bluetooth Smart Device (Bluetooth Low Energy), sehingga terpaksa masih harus menggunakan "dongle", dan menghabiskan jatah colokan USB.
  • Custom buttons. Setidaknya harus ada pengganti "Magic Mouse" yang harganya sedikit lebih miring. Magic Mouse 2 harganya sekarang masih di kisaran 1 jutaan rupiah. Kelewat mahal untuk mouse yang tidak punya middle click dan tidak punya "macro". Satu lagi, entah kenapa bentuknya yang kurang ergonomis membuat saya yakin menjadi penyebab saya kena tremor di jari telunjuk
Langsung saja. Pilihan jatuh pada Logitech M590 karena beberapa hal
  • Harga kisaran Rp 350 ribu.
  • Sudah bluetooth, tapi ada juga dongle-nya. Batrei tahan untuk 24 bulan, kata iklan sih. Ada yang kasih review di Amazon, bahwa dia sudah beli mouse itu dari setahun lalu, dan masih menggunakan baterai yang lama!
  • Custom buttons (side buttons). Hebatnya, ini didukung dengan Logitech Options. Software besutan Logitech ini mendukung semua sistem operasi, kecuali operasi khitanan masal. Tinggal download aplikasinya, dan lakukan setting. Secara total, ada settingan untuk "Gesture", jadi 2 tombol side button dapat difungsikan untuk operasi "click + geser", menjadikannya dapat diisi dengan "click + geser atas, bawah, kiri, kanan". Total berarti ada 2x5 custom gesture. Mantap alhamdulillah.
Nice to have, tapi fitur nggak penting-penting amat dari mouse ini.
  • "Silent". Fitur yang perlu-nggak perlu. Tapi kalau dipikir-pikir bener juga sih, karena ada mouse button klik yang pas dipencet udah kayak orang bangunin sahur. Tapi, silent ini bukannya nggak ada bunyi sama sekali ya.. 
  • Logitech Flow. Another feature-nya adalah memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain, hanya dengan drag-n-drop! Walau beda sistem operasi! Magic.. Tapi nggak penting buat ane. Buat yang merasa fitur ini penting, sekilas info bahwa mouse ini saat ini yang paling murah yang punya fitur Logitech Flow.
  • Multi-device. Tanpa harus pairing lagi ke device berbeda. Jadi cukup dengan sekali klik pada tombol, langsung konek ke device ke-2. Jika pengen konek balik ke device yang pertama, klik button lagi.
Minus dari mouse ini menurut ane : 
  • Cuma 1000 dpi. Kalau dipikir masih jauh kalau dibanding X7 XL-747H yang bisa 3600 dpi.
  • Scroll-nya agak kurang oke, walau claim-nya "HIGHLY PRECISE SCROLLING".
  • Ukuran yang sedikit lebih kecil, untuk tangan yang besar. Posisi thumb buttons nya agak ke belakang, jadi kalau buat yang jarinya panjang-panjang sepertinya mesti dicoba dulu sebelum beli.
  • Beratnya terlalu ringan (101 gram). Apa mungkin karena belum terbiasa, dan karena mouse sebelumnya beratnya lumayan (dan bisa di-custom).
Mungkin itu aja review singkatnya. Nantikan video lebih detailnya ya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me