MpokErot Released

Bismillah

Sorry for not writing this post in English. Any critic is always welcomed.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan
- tulisan ini bisa saja salah, keliru, tak shahih. Saya terbuka untuk koreksi yang membangun.
- aplikasi mpok erot ini belum diberi lisensi, belum saya publish di github (walau reponya sudah ada, tapi kosong), belum selesai, tapi dapat dengan leluasa dicoba di situs saya http://apps.prabowomurti.com/mpokerot.php
- bila Anda ingin jalur pribadi, silakan kontak saya via email di prabowo.murti DI gmail.com

Sebelum membuat sebuah poker hand evaluator, pasti orang mesti mahfum dulu cara main poker, alias kudu main. Waktu main, saat ada pemain lain yang raise, pertanyaan kita mungkin “apakah hand dia lebih baik dari saya? seberapa baik?” Dan untuk menjawab pertanyaan itu, kita langsung menuju ke TKP sahaja..

Andai Anda pegang double Ace alias AA, dan di community card ada AA6. Giliran Anda setelah lawan. Dia raise, all in, bahkan sembari membelikan Anda sekotak tissue. Tentu Anda bertanya2, “ngapain nih orang raise ampe segitunya? Hla Ace-nya dua2 saya yang pegang?” Hand Anda sudah 4 of a kind. Kemungkinannya cuma satu : nih lawan Anda terlalu bodoh bin nekat alias tukang bual. Ya mungkin dia punya KK, tapi, apa bisa double pair menang lawan 4 of a kind? Atau, kalau dia punya 66, apa bisa full house menang lawan 4 of a kind? Atau lagi, kalau dia punya KQ sama warna dengan salah satu Ace di community card, kenapa sih dia berani pastiin kalau di turn dan river yang keluar nanti bakal TJ sama warna?? Mimpi…

Dari sini, kita bisa mahfum bahwa untuk setiap keluarnya kartu di community card, ada kemungkinan2 kartu yang dimiliki lawan main kita. Semakin banyak lawan, maka semakin besar pula peluang ada lawan yang punya hand yang lebih baik dari kita, dan itu berarti semakin kecil pula kesempatan kita untuk menang. Ingat, Mpok Erot tercipta untuk membantu kita ambil keputusan, apakah mesti fold atau terus.. Mpok Erot bukan ditujukan bagi yang pengen kemenangan pasti. Dan kalaupun Mpok Erot bisa begitu, tentu tulisan ini ndak bakal ada, dan saya sudah leha2 di Hawai sana.

Nah, langsung saja. Tujuan dari Mpok Erot sebenarnya simple, sebagaimana aplikasi hand evaluator lain. Inputnya adalah
- preflop cards
- community cards

Dan output yang diharapkan adalah
- winning percentage atawa persentasi kemenangan
- semua possibilities yang tersisa, yang mungkin dimiliki lawan, menghitung rank dari hand yang dimiliki dan akan menampilkannya sebagai: 0. rank hand, 1. jumlah hand yang lebih baik dari hand kita, 2. jumlah hand yang lebih buruk dari hand kita.

Dengan mengetahui seberapa banyak jumlah hand yang lebih baik dari hand milik kita, dan jumlah hand yang lebih buruk dari kita, DIHARAPKAN (sekali lagi, DIHARAPKAN) bisa membantu kita mengambil keputusan, apakah fold, atau ituh taruhan dalam pot digeber ampe pecah.. Bukan begitu, saudara2?

ATURAN PAKAI
Setelah kita memasukkan preflop cards dan (minimal) 3 cards di community cards dari deck, klik tombol analyze. Selanjutnya, mungkin Anda akan menunggu agak lama. (Maklum, perhitungan yang saya pakai agak ngawur, mungkin nanti kalau ada donasi dari orang tajir, ituh program bakal saya betulin) Nah, dari 5 cards yang sudah kita pilih, kita sudah dapat rank dari hand kita. Sisa kartu adalah 52 – 5 = 47 kartu tersisa. Ada 47!/45!2! atau = 1081 hand lain. Dari 1081 kemungkinan itu, beberapa atau sebagian mungkin memiliki rank of hand yang sama. Ada yang di atas kita, di bawah, atau mungkin sama. Di MpokErot, W/D/L maksudnya : jumlah hand dengan peringkat lebih tinggi dari kita/ jumlah hand dengan rank sama dengan kita / jumlah hand dengan rank di bawah kita (alias Win/Draw/Lose)

Nah, untuk selanjutnya, kita bisa inputkan lagi kartu di turn. Ini membuat ada 6 kemungkinan hand yang bisa dibuat dari kartu kita, tapi hanya satu yang dipakai (karena mengambil kartu dengan rank of hand yang paling tinggi). Demikian pula dengan hand lawan. Tinggal ada 46!/44!2! atau = 1035 kemungkinan saja, dan kalkulasi Mpok Erot akan menghitung 6 * 1035 alias 6210 kombinasi yang mungkin.. (mungkin di sini Anda bisa masak mi rebus dulu, sambil nunggu loadingnya selesai)

Di kartu terakhir juga begitu. Walau tinggal 45!/43!2! atau = 990 kemungkinan kartu lawan, kita harus kalikan dengan 7!/5!2! atau = 990 * 21 = 20.790 kalkulasi (di sini mungkin Anda bisa nunggu loading aplikasi sambil nonton bola).

Mungkin ada yang tanya, kenapa tidak menampilkan winning percentage untuk kartu2 yang diinputkan ke community cards juga? Pertama, karena saya malas. Mungkin di versi2 berikutnya bakal akan lebih banyak yang ditampilkan. Kedua, hla ini kan cuma evaluator iseng hasil karya anak bangsa? Anda mau mengharapkan apa dari gembel puasa nabi Daud kayak saya? Toh di luar sana banyak orang yang lebih maknyus aplikasinya. :D

Special Mention: Jupri yang sudah membantu saya meng-convert C ke PHP dari codenya Paul Senzee. Mungkin itu sahaja yang bisa saya sampaikan, silakan langsung ke TKP untuk mencoba, kurang lebih mohon maaf, wassalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me