Saya Cinta Indonesia

Bismillah

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat pengalaman yang mengesankan. Di bis salah satu perusahaan milik pemerintah yang terkemuka (Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia, alias DAMRI, :p ) dari Cengkareng ke Jakarta Barat, saya duduk bersebelahan dengan salah seorang turis asing. Pertanyaan pembuka darinya, "Sorry, do you speak English?" E bujug buneng, set dah! *panik* Pegimane nih?! Skor TOEFL pas2an, nggak pernah2 ngobrol in English pulak. Tapi dengan rasa percaya diri yang sedemikian tinggi, dicampur sok tahu dan perasaan gak tahu malu yang besar, akhirnya saya jawab "Yes, a little bit.." Eh yaelah goblook.. Bilang aja kalo gak bisa napaaa? Beres kan?! Tapi mungkin di situlah awal dari pelajaran Tuhan buat saya. "So do you wanna be in this class? Good start..." kata Tuhan. "How long have you been in Indonesia?" saya tanya. "Mmmm.. 20 minutes?" Hahaha.

Mister ini, kita sebut saja Bunga Bang Budi, datang dari US. Selama 40 menit kami bicara (karena saya harus turun di Sleepy Jaya, eh Slipi Jaya), Bang Budi ini...
  • bener2 gak bisa bahasa Indonesia.
  • adalah composer sekaligus violinist
  • sempat tanya apa yang saya bawa di pundak.
  • bakal semalam nginep di Jakarta, tepatnya di deket Gambir. Lalu lanjut naik kereta ke Solo
  • nunggu dulu cousinnya, baru berangkat bareng. Makanya dia gak mau ikut saran saya langsung naek kereta siang itu juga
  • dapet info soal DAMRI dari internet, makanya dia prefer Damri (bayar noban) daripada naek taxi yang sapekceng (300rebu). God bless the internet!
  • sempet ke beberapa negara bagian di Amerika sebelum transit di Tokyo, Singapore, dan terakhir Jakarta. Saya baru tahu ternyata kalo ngurus imigrasi itu cuma di negara asal sama negara tujuan, jadi di transit ya cuma nunggu pesawat aja. (Pembaca: sungguh katrok kamu ya Bo? Jangan2 kamu nggak tahu kalau Katy Perry itu penyanyi dangdut, sempat gabung sama Trio Macan, sebelum memutuskan untuk ikut Tarung Dangdut di MNC TV?)
  • ke Solo demi belajar gamelan.. Bentar2.. Bener gak itu nulisnya: jauh2 dari Amerika ke Solo belajar gamelan. Aduh, sekali lagi deh: ngabisin duit, capek2... terbang ke negara Indonesia yang busuk ini.. di bus sebelahan sama orang Indonesia yang sotoy abis padahal nggak bisa English... lalu ke Solo naek kereta buat belajar gamelan... APE LU KATE?!? Denger berita ini seperti mendengar berita di infotainment kalo Syahrini kecebur empang. Katanya sih dia pernah lihat show gamelan di Boston, terus jadi tertarik untuk belajar. Owh.. Oke deh, saya juga kadang2 pengen jadi Ranger Merah habis nonton Power Rangers.. -.-"
  • sempat bilang kalau English saya.."more than a little bit". Thanks! *langsung daftar buat test TOEFL lagi* *tangan mengepal ke udara* *menatap langit*
Selama berbincang dengan Bang Budi, saya merasa inferior sekali dengan Indonesia. Masalahnya beliau tanya2 misal "berapa lama dari Cengkareng ke Gambir?" atau "apa langit Jakarta selalu segelap (maksud dia mungkin kabut2 gitu ya?) ini?" atau "dari hotel ke Gambir sekitar 5km. Itu lumayan dekat kan?" Ya maklum aja sih, belum kenal macet Jakarta sih, polusi pula.

Sebenarnya atas pertanyaan Bang Budi itu, jiwa berontak saya pengen bilang : living in Indonesia svcks. Macet di Jakarta parah cuy, berangkat kerja kudu subuh baru bisa ngehindarin macet, armada busway/transjakarta kadang2 telat kadang gak dateng, fasilitas umum kualitasnya parah. Elu lihat sungai noh? Iya, yang aernya mirip minyak jelantah campur oli bekas itu.. Nah itu sungai. Hebatnya, masih ada yang pake buat mandi dan cuci piring. Yak, saya mau cerita puas2 soal kemiskinan, soal ketimpangan sosial, soal kasus korupsi yang gak kelar2, soal kesehatan warga yang nggak dijamin, regulasi bisnis yang gak asik, tentang susahnya dapet pekerjaan, tentang orang kita yang (udah nasib cuma jadi babu) kepalanya dibuntungin, soal pendidikan yang mahal, dan saya ingin sekali bilang segala hal yang diawali dengan "CUMA DI INDONESIA...."

Sayangnya, lidah saya kelu. Nurani saya bilang saya gak boleh banyak omong. Nurani saya membentak, "Eh, kecebong kampret, mulut tuh disekolahin! Gak tahu diri luh ye.. Emak lu mbrojol di mari, elo nyari makan nyari duit buang aer, sampe nanti ngehe' pun di mari. Songong amat lo pake jelek2in negara sendiri?"

Nurani saya ada benarnya. Nurani kita memang lebih sering benar. Lebih benar daripada nafsu kita untuk mengeluh, lebih benar daripada keinginan kita untuk ngeluarin omongan yang seakan-akan kita udah bikin hal besar untuk negara sendiri.

Kalau mau jujur, Indonesia nggak jelek2 amat. Ada saja kita denger anak2 SMP kita dapet juara di olimpiade Fisika. Orang2 pinter kita ditarik buat kerja di negara maju. Anggun Cipta Sasmi bisa go internasional (sementara Agmon mungkin masih harus operasi bemper depan dulu biar ngetop). KD tersohor, Peter Pan berjaya di Malaysia. Hasil penelitian doktor2 kita bagus dan dihargai di luar sana (makanya sekali2 nonton Kick Andy). Atlet bulu tangkis kita ditakuti sama tetangga sebelah. Pelajar2 kita bertebaran di seluruh dunia, siap bersaing dengan pelajar dari negara lain. Kita punya keindahan alam yang luar biasa. Ada Anis Baswedan yang care dengan pendidikan. Ada Bang Idin dari kali Pesanggrahan yang peduli lingkungan. Indonesia punya orang2 sehebat Suster Apung. Kita punya lebih banyak orang yang peduli dengan bangsa ini, cuma lebih sering mereka ini nggak pake seragam.

Buktinya, gamelan kita bikin orang sekelas Bang Budi jauh2 ke Solo buat belajar. Gamelan coy.. Ajeppp..

Akhirnya, menuruti hati nurani, menjadi salesman untuk negara ini, saya pun berkoar-koar (yang tentu dengan bahasa Inggris selevel Tarzan) tentang angklung, tentang budaya Indonesia yang lain. Saya tanya mungkin Bang Budi mau singgah di Jogja, lihat wayang kulit di Pucung, mengetahui lebih dekat tentang kerajinan perak di Kotagede, atau lihat2 batik tulis di Giriloyo. Pengetahuan kebudayaan saya memang payah, tapi saya berusaha supaya Indonesia terlihat sedikit ciamik di mata seseorang yang baru datang ke sini.

Tadinya malah saya mau nunjukin "kayak gini loh bang yang namanya Bedugul" dari uang pecahan goban (lima puluh rebu), tapi yang ada malah duit goceng lawas "Ini Bang, namanya Sasando dari Pulau Rote," kata saya berapi-api. (boong)

Masih banyak kok orang baik di sini. Anda gak mungkin nyasar kalau tanya alamat (asal jangan ke supir taxi atau juru ojeg). Di dalam busway misalnya, kalau Anda tanya arah, kadang ada 3-4 orang yang walau nggak saling kenal (secara nggak sadar) akan berdiskusi untuk menentukan rute terbaik untuk Anda. Masih ada orang, yang tiap akhir malam, berdoa untuk kesembuhan negeri ini. Ada saja insan Indonesia yang (rather than pray asking for a BB onyx bold or iPhone 4) berdoa supaya Indonesia jadi lebih baik. Masih banyak orang yang bekerja secara jujur, amanah, tanpa korupsi, dan masuk kantor tepat waktu.

Masih ada pedagang yang senyumnya tulus walau komponen pajak atau cost untuk orang bisnis agak2 nggak fair. Kita harus percaya, percaya bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar, percaya bahwa Tuhan nggak mungkin meninggalkan kita mati di kota yang mati. Percaya bahwa keadaan pasti berubah, dan selalu begitu.Butuh waktu, tapi bukan tidak mungkin kita jadi negara yang kaya luar biasa.

Jakarta macet, kotor, transportasi semrawut, masih banyak orang kismin? Ya it's okay lah. Kota besar mana sih yang gak punya masalah. Bahkan negara sekelas Amerika pun udah kebanyakan orang jahat. Penjara mereka penuh jek! Saya juga tanya, bener gak sih yang dibilang VoA kalo mahasiswa Amerika kudu ngutang buat masuk University? Dan jawabannya.. Yes! Bahkan setelah lulus kadang mereka masih punya tanggungan hingga ribuan-puluhanribu dollar. Misal umur 22 nih lulus, nah umur 30 tuh baru mulai start bisa beli2 kayak gadget, rumah, mobil, dll.

Pernah lihat iklan Enjoy Jakarta? Dulu waktu pertama kali lihat, saya ngakak abis. Di situ ditampilin turis yang "enjoy" banget bisa mancing, kelabing, golf, dll, dsb. Foto kali Ciliwung tentu aja nggak dimasukin ke dalem iklan. Belakangan, saya baru ngerti kalau maksud dari iklan itu "we are not saying Jakarta is enjoyable, we said: get enjoyed or die trying.." Kalo nggak enjoy yaa.. dienjoy-enjoyin deh.. Mungkin gitu maksudnya iklan itu.

Saya sempat memberikan nomor telpon, misal Bang Budi butuh petunjuk arah di Jakarta (ya, tentu saja ini another kesoktahuan saya, hla saya di sini baru 1 hari :D ). Ia berangkat hari Sabtu sore kemarin. Hari ini saya sms Bang Budi, "Solo gimana Bang? Asik?"

Ia jawab, "Yes. Solo is nice. I will like it here."

5 komentar:

  1. bener tuh...Bang Budi?bukan Bunga?
    kok kamu betah ngobrol lama sama cowok?? **ada yang aneh deh ... :p:p:p

    Klo maw indonesia keren, berawal dari diri kita sendiri yang harus keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Excellent and appropriate topic. Very very much helpful.

      Hapus
  2. yah biarpun indonesia ini semrawut menurut kita tapi tetep aja budaya kita jauh lebih di cintai dan di hormati oleh orang luar, dan entah kenapa kok yang punya budaya itu sendiri kaga mencintai

    BalasHapus
  3. This is these a great offer that you are if and you give it away for totally free. I really like seeing sites that enjoy the worth of offering a excellent resource for free of charge.

    BalasHapus
  4. informative information about Undur-undur Bang Jupri.

    BalasHapus

speak now or forever hold your peace

About Me