Rekomendasi Monitor 24" Resolusi 2K

Bismillah.

Harga monitor (dan banyak perkakas komputer lainnya) sedang tidak stabil. Kebutuhan remote working dan perkembangan teknologi membuat orang merasa area kerjanya butuh improvisasi. Salah satunya dengan konsep dual display yang berujung pada harus beli monitor tambahan.

Btw, ini tulisan bebas ya, bukan dari ahli monitor. Cuma sekadar cerita proses perburuan.

IMO, rasanya tidak banyak peminat di segmen ini. Orang-orang yang merasa 27" terlalu besar, atau (seperti saya) harganya belum masuk anggaran. Tapi masih butuh resolusi yang bagus. Bayangkan saja kalau MBP itu kan 13" tapi 2560 x 1600, dan ketambahan display 24" tapi FHD (1920 x 1080). Pasti terasa bedanya. Minimal sepet-sepet gimana gitu.

Oke, kebutuhan utama sudah ada. Tinggal kebutuhan-kebutuhan sampingan yang mungkin "dirasa" perlu.

Ergo

Sepertinya belum butuh. Atau, kalaupun butuh ergo (rotate 90 derajat, height adjustment, dll), masih bisa diakalin selama monitornya pakai vesa mounting. Beli arm stand yang harganya 250ribu, selesai. Atau kalau mau seperti saya, beli dudukan monitor (dari kayu / MDF board) yang harganya Rp 60 ribuan saja.

Speaker built in

Juga belum butuh. Masih bisa pakai headset wireless karena speaker built in secara kualitas pun nggak bagus-bagus amat. Masih bisa diakalin.

Konektivitas

Paling banter support HDMI 1.4. Kalau USB-C sepertinya juga belum butuh. Belum punya device yang secara khusus perlu colokan itu.

Garansi

Kalau ini sih sepertinya penting. Panel itu mungkin jadi komponen termahal dalam pembuatan monitor.

Hal-hal lain seperti AMD FreeSync, HDR, dll, saya rasa hanya sekadar marketing gimmick.

Oke, kita mulai.

LG 24QP500-B

Dari awal ini jadi incaran karena harganya yang paling terjangkau. Dukungan garansi 3 tahun. Cuma dia secara bentuk dan fitur nggak selengkap merek lain.

AOC Q24P2C

Ini juga merek yang lagi naik daun dengan fitur yang mantap. Masalahnya tetap di harga. Dan sepertinya yang jual seken di marketplace bisa dibilang nggak ada.

Lenovo P24Q10

Big issue nya dia nggak support Vesa. Tapi harganya cukup murah. Plus ada colokan USB.

Dell P2416D

Dell sepertinya terkenal dengan harga yang premium. Tapi kalau ngomongin kualitas sih emang top. Jika minat, boleh dilihat-lihat dulu aja.

ViewSonic VX2480

Nah, ini juga mantep secara fitur dan tidak menguras kantong. Dan garansinya full 3 tahun. Colokan udah menghadap ke bawah dengan bezel yang bener-bener tipis. Boleh dijadikan tambahan referensi juga.

Mungkin itu saja, kalau kebanyakan opsi malah nggak jadi beli. Btw, untuk monitor, sepertinya di marketplace banyak yang jual preloved. Coba-coba aja, siapa tahu ada yang BU.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Rules and restrictions apply in 원 엑스 벳 accordance to promotion rules. Qualified Club Serrano members might be receiving unique resort presents and promotions quickly. Whether it’s at the nightclub or at the only dayclub in South Florida, visitors can expect the most well liked|the most popular} names to make an look. To be taught extra about DAER Nightclub and Dayclub, go todaersouthflorida.com.

    BalasHapus

speak now or forever hold your peace

About Me