Mobil

Bismillah

Pertimbangan utama untuk punya kendaraan sendiri sebetulnya karena takut menzolimi anak dan keluarga. Ya kali, naik motor tumpuk tiga, belum lagi tambah tas isi popok dan belanjaan Tanah Abang?

Tapi kami juga tidak akan beli mobil, karena beberapa pertimbangan berikut :
  • Tidak ada uang. Kami bukan keluarga Indonesia medioker yang memaksakan diri mencicil mobil sekadar supaya bisa ditempeli stiker "Happy Family". Kami sudah bahagia, dan tak penting seisi dunia untuk mengetahuinya.
  • Bumi akan kehilangan minyaknya dalam waktu dekat. Tulisan Muhaimin Iqbal membahas lebih lengkap tentang era yang beliau sebut "After Oil". Jadi kalau ada orang leasing mobil baru selesai 15 tahun lagi, artinya dia masih harus melewati momen bayar cicilan sembari menjadikan mobilnya kandang burung, atau diloak kiloan, atau ditenggelamkan ke dasar laut untuk rumah terumbu karang.
Menimbang pula, bahwa kami ingin menerapkan pola hidup sederhana bin minimal, menghindari kejumudan jaman, dan tak mau membersamai gaya hidup materialis, maka hidup tanpa mobil (pribadi) menurut kami adalah sebuah pilihan yang baik.

Solusi supaya tak cenglu a.k.a bonceng telu adalah taksi online. Beberapa hal : 
  • Naik taksi online menghemat biaya karena toh jarang pergi-pergi. Tidak perlu bayar pajak, bahan bakar, biaya perawatan, parkir, termasuk biaya resiko lainnya.
  • Supir dan mobil bisa ganti-ganti setiap saat. Kalau mau agak mewah ya pesen yang XL.
  • Rumah tidak perlu garasi mobil, kalau sedari awal kita tidak punya mobil. Ada orang tidak punya garasi, lalu mengambil sebagian tanah / badan jalan untuk dijadikan garasi. Ini dzolim namanya. Kelak mereka akan diberi kalung berupa 7 lapis tanah yang dicurinya di hari akhir.
Minimal ini menjadi alternatif jawaban, hingga ditemukan solusi lain yang lebih keren. Oh ya, saya jadi ingat salah satu quote dari teman satu porsi di kereta api dulu.
Ketika ada orang tidak butuh mobil, kita pengaruhi untuk beli mobil. Itu belum jahat. Tahu tidak apa yang lebih jahat? Ada orang, secara finansial jelas-jelas tidak mampu beli mobil, tapi kita pengaruhi untuk beli mobil, dengan cara hutang dan pakai bunga pula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me