Mendoakan Anak

Bismillah.

Yang populis, anak mendoakan orang tua. Tapi dalam quran, banyak juga doa-doa nabi yang secara eksplisit dikhususkan untuk anak dan keturunan. Misalnya Al Furqon ayat 74, Ibrahim 40, atau Ashshoffat 100. Keimanan itu bukan warisan dan tidak serta merta orang tua yang sholeh, anaknya bakalan sholeh juga. Contohnya anaknya Nabi Nuh 'alaihissalaam.

Saat menatap lekat dan dalam sepasang mata yang lembut dan belia, kita menaruh harapan besar pada anak. Dan tiba-tiba, kita merasakan kesedihan akut. Ketakutan hebat. Gentar segentar-gentarnya. Akankah Allah senantiasa Menjaga ia?

Saat anak terlelap di tengah malam, kita elus punggungnya yang masih lunak dan rentan, dengan telapak tangan kita yang kapalan dan kasar. Akankah kita dimampukan Tuhan untuk menjadi orang tua yang baik, mendidiknya dengan kasih, mencukupkan semua kebutuhannya, membuatnya bahagia dan selalu tersenyum?

Akan seperti apa zaman menggerus kita kelak? Akankah mereka menemani kita yang menua dan membungkuk, ataukah kita akan berakhir dalam kesepian menjelang maut, kembali sendiri tanpa ada yang sudi berkunjung? 

Maafkan segala kesalahan orang tuamu, Nak. Maaf kalau kami banyak kekurangan. Saat ini kita masih harus berjuang bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me