Chromebook

Bismillah.

Ada dua "mazhab" dalam dunia perkomputeran. Agak lupa istilah aslinya apa. Intinya 2 pandangan berbeda perusahaan raksasa dunia.

Pertama. Pada akhirnya orang-orang biasa akan memiliki komputer dengan kemampuan yang luar biasa. Di rumah-rumah. Di kantor. Di manapun.

Kedua. Orang hanya butuh perangkat ala kadarnya. Sebatas untuk input (tetikus atau papan ketik) dan output (monitor). Selebihnya, segala komputasi, penyimpanan data, segala layanan, apapun bentuknya, dilakukan di sisi "super komputer". Ini karena pada akhirnya kecepatan aliran data akan jauh meningkat pesat, dan membangun infrastuktur yang menunjangnya akan lebih murah daripada harus menjual perangkat yang mahal-mahal.

Sepertinya Google ini termasuk yang kedua. Salah satunya dengan menciptakan laptop murah meriah seperti Chromebook. Harga tidak terlalu mahal. Spek pun biasa-biasa saja. Perangkat lunak perkantoran pakai Google Docs. Data disimpan di Google Drive. Jadi kalau mau mengerjakan task yang biasa-biasa saja, sudah lebih dari cukup. Bahkan harganya jauh lebih murah daripada setup ane yang: tablet + tetikus + papan ketik. Itupun dengan display yang kurang memadai.

Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me