Be Nice, July

Bismillah.

Sebetulnya tidak ada hasrat untuk menulis, tapi blog ini tak boleh sepi. Karena begitu banyak, kalau kita mau sedikit menoleh ke belakang, hal yang kita bisa syukuri.

Anak sebentar lagi masuk SD. Sudah 6 tahun. Markonah masih menyimpan tumpukan video dan foto-foto. Sebagian besarnya adalah momen bahagia. Merangkak, berdiri, memulai langkah kecil. Kata-kata pertama, yang belum bisa kami mengerti apa artinya. Kelucuan. Lugu. Polos. Wajah tanpa dosa.

Tapi, ada juga kisah sendu. Saat anak sakit di awal kehidupannya. Saat kami harus berpisah, karena saya bekerja jauh dari rumah. Dan beberapa duka lain yang sempat terekam kamera. Semuanya memberi warna. Membantu kita membesar, kuat, semakin tahan ditempa. Menyadari makna "La Haula Wala Quwwata Illa Billah". Hidup dalam aliran kepasrahan, seperti kisah Ibrahim a.s.

Suatu saat nanti, apa yang kita semai sekarang, berbuah. Memberi manfaat. Melahirkan bibit baru, untuk kembali disemai. Di saat itu tiba, mungkin kita sudah tidak ada di dunia ini lagi. Bukankah banyak pohon yg kita nikmati sekarang, ditanam oleh orang-orang yang sudah meninggalkan kita?

Dunia ini cuma sebentar. Jangan ngoyo ngejar lambo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me