Sepuluh Ribu Jam

Bismillah

Menurut bukunya Pakde Malcolm Gladwell, Outliers, disebutkan berulang tentang aturan 10,000 jam. Sebetulnya ide ini berasal dari seorang psikolog, Anders Ericsson, yang meneliti sekumpulan orang-orang top di bidangnya, mulai dari atlet, musisi, dan serupanya. Pakde Malcolm pun sampai pada sebuah pernyataan, bahwa untuk meraih kesuksesan dalam hal tertentu, dibutuhkan usaha dan latihan minimal selama 10,000 jam. Hal inilah yang melahirkan konsep "deliberate practice", latihan fokus dan persisten.

Walaupun pemikiran Malcolm, pada akhirnya mendapat kontra dan kritik dari berbagai pihak, namun sebetulnya ide ini sudah terlanjur populer dan di-iyes-kan oleh banyak orang yang ingin mencapai derajat "ahli" bin "pakar". Termasuk saya sendiri (ya masak "saya berdua"? Hla kayak mana itu kalimatnya?), yang sudah termakan oleh banyak pemikiran Pakde.

Batas antara bisa dan tidak mampu itu bukan ditentukan hari ini, tapi nanti setelah 10,000 jam. Andai kita habiskan 3 jam sehari, maka berarti butuh ~10 tahun. Jangan menyerah! Sampai jumpa 10 tahun lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me