Media Simpan Terbaik

Bismillah

Saat ini sih pake Google Cloud Storage dengan memanfaatkan free credit senilai 300 dollar, selama setahun. Sudah beberapa kali data hilang karena hard-disk rusak. Memang sangat riskan menyimpan sesuatu secara offline. Jadi karena koneksi internet sudah semakin cepat dan murah, jadi ane lebih prefer menyimpan yang layak disimpan di Cloud.

Kalau kata Linus Torvalds,
Real men don't use backups, they post their stuff on a public ftp server and let the rest of the world make copies

Seni dalam menyimpan data ini juga menyebabkan beda tipe data beda pula penanganannya. Misal photos bisa ditaruh di photos.google.com untuk unlimited storage, dengan kekurangan bahwa kualitas video dan foto kita akan dikurangi. Kalau untuk source code ya ditaruh di Github atau penyedia jasa sejenis. Untuk video secara spesifik juga bisa ditaruh di YouTube, tentu dengan beberapa keterbatasan.

Khusus untuk kasus data hilang, ceritanya Ibu pernah simpan foto waktu haji tahun 2010 silam. Seingat saya, semua foto sudah disimpan di laptop saya, di PC rumah, dan sekaligus di sebuah flashdisk. Laptop saya rusak, PC rumah juga. Sudah dibawa ke service, data sudah tidak bisa diambil. Nah, tinggal di flashdisk yang sekarang nggak tahu rimbanya. Sedih juga sih.. Ibu bilang soal foto favorit beliau, "Di situ ada foto Ibu sama Bapak lagi di terowongan Mina".

Cara lain, kami semua umroh, ke Mina, dan berfoto lagi. Semoga ada rejeki dari Allah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me