Saldo Masjid

Bismillah

Mari mengkritisi saldo masjid yang hingga ratusan juta. Ini merupakan isu sensitif karena kalau terkait agama nanti kita disangka anti islam dan sejenisnya. Padahal ada banyak masalah dalam manajemen rumah ibadah kita ini, sebagaimana ada (lebih) banyak masalah di rumah ibadah agama lain. Dan terlebih, role pengurus masjid itu adalah sebuah jabatan publik yang memang fungsinya melayani, sehingga kalau fungsinya tak tercapai, selayaknya dilayangkan protes nan santun.

Menurut ane pribadi, kita jangan lagi menyumbang di masjid yang saldonya hingga ratusan juta. Terkadang saldo masjid itu sangat-sangat berlebih dan menumpuk, sehingga bisa cukup untuk bikin masjid satu lagi. Pertanyaan pertama, tentu "mengapa harus ditumpuk dan tidak disalurkan?" Bukankah kebutuhan ummat ini sangat-sangat banyak? Ada yang putus sekolah. Ada yang kekurangan makan. Belum lagi soal bencana, ketersediaan air bersih, wabah penyakit, kesulitan ekonomi, dan lain sebagainya.

Masalah ummat ini sangat kompleks sedemikian sehingga negara saja yang punya sumber daya jauh lebih banyak, tak jarang gagal menangani. Harta yang baik seperti air yang mengalir. Dia akan terus bergerak tanpa berlama-lama berada di penampungan yang melulu itu. Saran saya, sudahlah jangan lagi nyumbang di kotak amal masjid yang saldonya sudah kelewat banyak. Masjid mau ditambah lantainya? Mau bikin hotel? Ini masjid apa institusi bisnis? Padahal saudara-saudara kita di wilayah konflik jauh lebih berkesusahan, hla ente kok komersil amat?

Tidak ada kewajiban masjid untuk mengumpulkan dana ummat sebanyak-banyaknya. Kalau memang ada kebutuhan terkait perencanaan besar, umumkan dan pisahkan dananya sehingga bisa bertahap pelaporannya. Jamaah kita ini nyumbang biar pahalanya cepet dapet. Jamaah udah beruban dan bau tanah, nyumbang demi mengharap kebaikan dari amal jariyah. Eh, keburu mati duluan, duitnya masih di situ-situ aje...

Masjid yang ane tahu mengusahakan agar saldonya selalu nol salah satunya adalah masjid Jogokariyan di Yogyakarta. Kalau ada duit selalu diputar dan dikembalikan ke masyarakat. Bukan hanya yang muslim tapi juga yang bukan islam. Semoga Allah Mudahkan kita untuk bisa mengikutinya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me