Cara Membersihkan AC Sendiri dengan Semprotan Burung

Bismillah.


Hari libur kemarin ane coba-coba bersihin AC sendiri. Kalau tak salah ingat, AC terakhir dibersihkan itu sudah sejak sebelum nikah alias tahun 2015. Sebetulnya tidak ada masalah, hanya saja dulu waktu beli AC tahun 2014, suhu 30 C aja udah dingin banget. Sekarang sekamar bertiga, diset 24 derajat Celcius kayak kipas angin doang.

Kalau ngeri panggil juru service AC, kita akan memanfaatkan alat-alat seadanya untuk membersihkan sendiri.

  1. Beli plastik untuk cover AC. Biasanya dijual bersama dengan selang (sekitar 1 meter) dan tali. Harganya kisaran Rp 20ribu.
  2. Beli semprotan burung atau kalau mau lebih hemat bisa kayak ane aja. Beli pompanya, nanti kita tambahkan botol bekas air berkarbonasi ukuran 1,5 liter. Harganya juga kisaran Rp 20ribu.
  3. Tutup AC kita buka, lalu lepas filter. Bersihkan dan keringkan.
  4. Untuk cover di dalam, awalnya agak bingung karena letak bautnya sedikit tersembunyi (lihat gambar 4 dan 5). Setelah dibuka, lepaskan lalu bersihkan terpisah.
  5. Tutup panel listrik dan cabut steker AC, bisa dengan selotip atau kantung plastik. Ini untuk menghindari arus pendek dan komponen listrik AC terkena air.
  6. Pasang cover pembersih AC dan arahkan selangnya ke ember atau ke luar rumah.

Dengan ekstra sabar dan telaten, semprotan burung dipompa berkali-kali hingga terasa berat. Lalu mulai menyemprot bagian kipas AC dan bagian lainnya. Air yang disemprotkan akan merontokkan debu yang melekat dan mengalir ke plastik penampung lalu terbuang lewat selang. Untuk menjangkau bagian yang sulit, bisa pakai sikat gigi bekas atau dikobel-kobel aja pakai jari. Hati-hati saat membersihkan bagian filter, karena tajam dan rentan bengkok.

Hasilnya memang tak sebaik jika menggunakan semprotan air bertekanan tinggi, tapi relatif lumayan bersih. Untuk unit luar ruangan, ane belum selesaikan karena terlanjur capek.

Demikian, semoga idenya bermanfaat. Salam genjot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me