Tampilan Baru Dashboard Blogger

Bismillah.

Tampilan dashboard Blogger yang baru walau belum sempurna tapi sudah mulai menunjukkan keseriusan Google untuk menaikkan penggunanya. Mungkin sudah keder dengan WordPress karena banyak yang hijrah aka migrasi. Kalau begitu terus, masa depan Blogger bisa runyam.

Sejak dibeli oleh Google pada tahun 2003, Blogger yang dikembangkan oleh Pyra Labs ini beberapa kali didesain ulang. Baik secara fitur maupun penampilan. Ane sendiri secara personal lebih pilih Blogger service karena pageviews udah jebol kalau mau setup di hosting sendiri pake WordPress. Di WP, concern utama selain masalah duit dan maintenance, juga soal security. Karena nggak begitu paham dan bener-bener harus ngulik, udah beberapa sekali website ane dijebol orang. Sedih....

Model bisnisnya Google di Blogger service ini pun lebih ke ningkatin revenue via AdWords alias iklan. Kalau dipikir, semua fitur Blogger itu nggak ada yang bayar. Custom domain dulu kayaknya bayar, sekarang gratis. Pasang custom script dan styling pun bebas. Custom permalink, meta tag, upload image, video, semuanya free, dan terkoneksi ke layanan Google yang lain. Udah enak sih ini seriusan bener.

Ada rencana besar untuk merombak website utama ane di prabowomurti.com. Di situ akan ane isi full dengan artikel berbahasa inggris. Kalau sekarang trafiknya empot-empotan. Tapi ini domain tergolong berumur dan subdomainnya sudah banyak yang trafiknya tinggi juga. Sebetulnya sayang kalau nggak dijadiin duit. Masalah saat ini hanyalah performanya belum optimal karena kalau dilihat dari varvy dot com, skor secara keseluruhan masih bisa ditingkatkan lagi.

Ini serius lah kenapa fitur untuk hitung kata (count words) doang di Blogger yang baru pun nggak ada?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me