(Kepengen) Ganti Hape

Bismillah.

Perangkat yang sekarang sebenarnya lebih dari cukup. Sebuah iPhone 5S dengan kapasitas simpan 16 GB.

Mungkin bagi kebanyakan orang, 16 GB bukanlah ruang simpan yang melegakan. Atau bahkan mungkin memakai ponsel keluaran 7 tahun lalu perlu diberi rasa iba. Handphone ini memang sudah beberapa kali tambal sulam. LCD-nya sudah tak orisinal. Baterainya lemah. Dan masalah paling baru, kamera belakang tidak berfungsi. Jadi ane kalau mau motret atau bikin video pakai kamera depan terus.

Tapi semuanya cukup, kecuali satu hal. Karena sekarang kompetensi nambah jadi buruh koding aplikasi gawai, banyak hal yang tak bisa dilakukan. Yang paling kentara adalah versi OS yang masih 12.4, atau dua level di bawah versi OS terbaru.

Masalahnya mirip dengan MacBook Pro Late 2011 yang tidak bisa diinstall OSX Catalina, sehingga tidak mendukung untuk pengembangan di atas Xcode terbaru. Akibatnya, ya tidak bisa coding dan simulate / emulate dengan Flutter. Alhamdulillah ini dipinjemin laptop sama pabrik.

Itulah konsekuensi jadi buruh koding aplikasi gawai. Memang butuh modal. Harus bersabar, berharap nanti ada rejeki anak sholeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me