Utilisasi Aset

Bismillah.

Menurut saya utilisasi aset adalah perbandingan atau ukuran kebermanfaatan dibagi dengan potensinya. Contoh yang mudah bin dekat saja: masjid. Amat sangat disayangkan kalau utilisasi masjid itu sangat rendah. Dipakai hanya 5 kali sehari, masing-masing kira-kira 30 menit. Walau sholat Jumat kita hitung sebagai 2 jam, maka angkanya tak bisa lewat ~15%.

Untuk menaikkan angka utilisasi ini, dibuatlah program-program lain semacam TPA, pengajian Emak-emak, peringatan maulid, kajian, dan sebagainya. Tetap saja, untuk ukuran aset sebesar ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah sekelas masjid, ini seperti punya villa besar di Puncak, tapi dikunjungi hanya sekali setahun saat musim liburan.

Kalau kita punya aset lain, semisal tanah, rumah, mobil, atau bahkan saldo tabungan, kemungkinan angka utilisasinya juga perlu kita tingkatkan. Bukan hanya bermanfaat buat kita sendiri, tapi juga orang lain.

Rumah misalnya. Kalau dibiarkan kosong terlalu lama, malah menjadi beban atau biaya. Benerin genteng yang bocor. Lantai yang berkerak. Kamar mandi yang penuh serangga. Dan seterusnya. Aset lain semisal mobil mewah juga mirip. Kalau pajaknya mahal, tapi kadar kebermanfaatannya rendah, mungkin perlu dipikirkan ulang untuk dijual saja, atau disewakan (sehingga menjadi aset yang mendatangkan pendapatan).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me