Sangsot

Bismillah.

Arti kata "sangsot" sebetulnya saya kurang tahu persis. Hanya saja istilah ini sudah lama terkenal di kampung halaman. Gunanya untuk mengekspresikan sesuatu yang kusut, punya kesalahan, tidak beres, berselisih, atau hal-hal berkonotasi negatif serupa. "Sangsot" itu sangat pas sekali, sedemikian sehingga, kita tetap akan menggunakan term itu sampai ujung tulisan ini.

Sering kali berbagai cobaan yang kita hadapi itu kita bandingkan dengan nikmat yang dimiliki orang. Contoh, kalau lagi nggak ada duit, kita melihat orang lain yang duitnya seperti mengalir tanpa henti. Iri hati. Kurang bersyukur. Padahal, kalau mau jujur, kesangsotan kita ini belum seberapa dengan kesangsotan yang dialami orang.

Ya ampun, "kesangsotan"... Asal aja lah kasih istilah. Semoga nyambung. Haha.

Macam-macam hidup orang yang sangsot, yang sering kita lupakan: 

  • Lupa belajar ilmu agama. Ingat menjelang usia sudah tua. Fisik sudah tak kuat. Mata tak lagi awas membaca aksara Quran. Kaki lemah melangkah ke masjid.
  • Pertengkaran suami istri. Anak yang membandel atau tidak berbakti. Kurang harmonis. Meja makan dari marmer harga puluhan juta tetap dingin tak terpakai. Tak ada senda gurau, yang ada hanya ketegangan.
  • Terjebak dalam pekerjaan ribawi. Berputar-putar di lingkaran setan. Gali lubang tutup lubang.
  • Punya skandal dengan wanita / pria lain. Berawal dari percakapan sederhana, berakhir dengan ena-ena alias zina.
  • Kecanduan alkohol / narkoba. Sulit berhenti walau sudah berusaha. Keluar masuk panti rehabilitasi.
  • Ketidaktenangan hidup. Selalu merasa kurang, was-was, dan merasa diri paling susah sedunia.
  • Bermasalah dengan rekan usaha. Entah karena pajak atau hal-hal perdata lain.
  • Dan masih banyak lagi...
Hidup sangsot orang lain itu, kalau dibandingkan dengan hidup kita, boleh jadi jauh lebih parah. Yang kita kira sangsot, ternyata masih ada lagi yang lebih sangsot. Jadi menurut saya, bersyukur itu bukan hanya sekadar membandingkan nikmat kita dengan nikmat orang, tapi juga komparasi hal-hal sangsot di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me