Titik Kecukupan

Bismillah.

Dalam beberapa video dari Daniel Gilbert, ia sering membahas tentang science di balik kebahagiaan seseorang. Mulai dari apa yang sebenarnya membuat manusia merasa bahagia, sampai soal fungsi dan evolusi otak manusia yang memproses itu semua. Kata kebanyakan orang, materi (atau keduniawian) itu tidak penting dalam menjadi sebab seseorang bahagia. Pendapat yang terdengar umum ini dipatahkan oleh Dan, lewat beberapa penelitiannya. Salah satunya, berjudul "If Money Doesn't Make You Happy Then You Probably Aren't Spending It Right". Intinya, jika pertambahan harta tidak membuat hidup kita bahagia, ada masalah dengan cara kita menghabiskannya.

Lebih lanjut, pertambahan kepemilikan di titik manapun, tidak membuat ukuran kebahagiaan orang menurun. There is no way that more money makes us less happy. Tinggal pertambahannya signifikan atau tidak? Pasti akan ada poin jenuhnya. Mulai dari perbedaan gaji sejuta sebulan dengan Rp 10juta sebulan, akan ada perbedaan. Tapi, di titik 1 T vs 10 T, kemungkinan perbedaannya tidak lagi sekentara 1juta vs 10 juta tadi. Walaupun sama-sama 10 kali lipat lebih banyak.

Alhamdulillah setelah di rumah pakai mesin cuci otomatis, tingkat kebahagiaan meningkat drastis. Jika mesin cuci manual itu mesti ditungguin saat ngisi air, ditambah dengan kalau kelar nyuci mesti dipindah ke bagian mesin pengering, ditambah drama glodak-glodak dulu kalau nggak pas masukin bajunya, maka menggunakan mesin cuci otomatis dengan menekan tombol dan menunggu 40 menit, adalah sebuah karunia luar biasa. Bagai berpindah kuadran cash-flow ala Robert Kiyosaki. Seperti berpindah peradaban dari berburu dan meramu ke bercocok tanam. Kayak RA Kartini nemuin bohlam.

Lalu, berapa angka titik kecukupan ini?

Di sinilah para peneliti belum sepakat tentang nominal persisnya, tapi (kalau mau percaya beberapa artikel) kisarannya di USD 10,000 setahun. Atau, mungkin benar seperti yang Ibrahim Vatih katakan, Rp 10juta sebulan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak now or forever hold your peace

About Me