2013

Bismillah

Tahun 2012 kita lalui dengan kesalahan demi kesalahan, keputusan yang benar, dari kesepakatan ke kesepakatan, berbagai macam resiko, cerita bahagia, kisah sedih, perpisahan, pertemuan kembali, orang-orang hebat. Satu tahun bersama pengalaman-pengalaman yang tidak biasa. Mengesankan. Mewarnai. Membuat kita jadi lebih kuat, lebih tahu cara menghadapi dunia, menjajaki jalan hidup.

Semua membuat kita lebih siap, lebih berani, lebih punya nyali, untuk menjadi pribadi yang baru dan lebih baik. Secara sadar, kita tahu ada sekumpulan orang yang walaupun melihat kita sudah dekat dengan puncak, dengan tanpa perasaan mengatakan ini dan itu yang bernada negatif. Yang perlu kita perlukan hanyalah melihat ke belakang, mengukur seberapa jauh ngarai dan jurang yang pernah kita lewati, mensyukuri kita pernah berhadapan (berkali-kali) dengan maut, dan kita sampai di titik ini. Alive. Titik tertinggi yang kita bisa. Dan saat itu kita bisa bilang,

Because I'm just that good.

Alhamdulillah, semua resolusi tahun ini tercapai. Semoga tahun depan juga demikian.

0. Daftar Haji
Saya pernah memiliki rekening haji, namun dua kali saya harus menutupnya karena dananya perlu saya gunakan segera (seperti yang diketahui, rekening haji tidak dapat diambil sebagian, bisanya hanya ditutup seluruhnya). Semoga tahun ini tidak ada kejadian "luar biasa" dan saya bisa mulai mengantri (sampai 4-5 tahun lagi). Dengan adanya resolusi ini, semoga sholat dhuha dan tahajud semakin kencang, bukan hanya saat sedang bo lui bo ciak (tidak ada uang dan tidak bisa makan).

1. Punya Kartu Kredit
Sebenarnya bukan untuk ngutang (lagi), tapi lebih ke memberi porsi lebih untuk bisnis sampingan. Jadi nanti beli dari alibaba, ebay, atau transaksi via paypal udah nggak pake minjem punya teman atau keluarga lagi. Nggak usah banyak-banyak juga, cukup 1 saja. Hidup sudah cukup rumit, jadi sebisa mungkin jangan punya urusan sama debt collector lagi. :p Oia, saya pernah cari barang. Harganya di Indonesia sekitar Rp 7juta. Pas searching, ketemu produsennya langsung dari China di Alibaba.com. Saya tanya harganya, cuma $100. Jadi manfaatnya lumayan juga buat transaksi.

2. Rekening Efek
Menurut data dari KSEI, hanya ada lebih kurang 350ribu orang yang berinvestasi di pasar modal. Dengan nilai pembukaan rekening berkisar Rp 5-10juta sahaja, sulit rasanya untuk dapat gain yang bagus dari market, karena kita hanya bisa bermain di saham-saham harga rendah. Namun bukan sekadar profit yang jadi tujuan saya, melainkan belajar masuk ke investasi jangka panjang. Selama 1-2 tahun belakangan ini hanya sekadar baca-baca, gabung forum/milis, dan ikut di virtual trading (di IDX ada tuh www.idx.co.id/id-id/beranda/produkdanlayanan/layanan/idxvirtualtrading.aspx, dan di beberapa perusahaan sekuritas juga ada, tapi takut dikira ngiklan jadi nggak ane cantumin), tapi sampe sekarang belum berani terjun langsung.

Mungkin itu saja dulu. Resolusi tahun-tahun sebelumnya seperti hidup minimalis dan nulis masih terus jalan. Impian-impian lain yang lebih kecil mending jangan dicantumkan di sini, karena akan mengesankan blog ini sebagai blog yang tidak penting (bukannya emang gak penting??)

Apa target agan tahun ini?

Update Juni 2013
Alhamdulillah semua resolusi saya tercapai. Kayaknya memang perlu ditambah nih :
Dapetin minimal $100 dollar khusus dari Adsense. 

4 komentar:

  1. Kalau boleh memberi saran, pilih yang jelas dan terang bo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor 0, 1, atau 2? Nanti saya bisa jelaskan Mas...

      Hapus
  2. ".....Dengan nilai pembukaan rekening berkisar Rp 5-10juta sahaja, sulit rasanya untuk dapat gain yang bagus dari market, karena kita hanya bisa bermain di saham-saham harga rendah....."

    ah mas, sampeyan kan duidnya udah banyak berjuta2... hihihii... klo gag kuat bayar, campur ama dedaunan jg bs....
    tidak tertarik untuk mencoba reksadana saham Mas? Meskipun tidak langsung memiliki, tapi kan bisa membeli dengan nilai yg lebih kecil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, urutan resolusi urutan prioritas juga Nai, ini aja masih empot2an ngumpulin buat rekening haji. Cari napas dulu Nai, biar ndak edian. :)

      Hapus

speak now or forever hold your peace

About Me